Header Ads

Panduan Lengkap Merawat Sepeda Listrik Anda Agar Awet dan Tahan Lama

 

Sepeda listrik pada jaman sekarang semakin populer sebagai solusi transportasi yang murah dan yang ramah lingkungan serta efisien. Namun, agar sepeda listrik Anda tetap dapat berfungsi optimal dan tahan lama, perawatan yang tepat serta service berkala ke tempat dealer dan bengkel resmi adalah sangatlah penting. Berikut ini adalah panduan lengkap yang dapat penulis sampaikan agar pembaca yang budiman dapat informasi lengkap untuk merawat sepeda listrik Anda agar awet dan selalu dalam kondisi yang terbaik setiap saat bila mana di perlukan untuk transportasi selalu dalam kondisi prima..

1. Perawatan Baterai



Jenis-jenis baterai yang umum di pasaran untuk sepeda listrik ada dua macam sampai saat ini yang populer yaitu baterai SLA (sealed lead acid) adalah konon katanya baterai ini adalah awet dan tidak memerlukan perawatan hanya pemeriksaan secara berkala, sayangnya baterai ini sangat berat dan jarak tempuh sepeda listrik ini tergantung pada besaran Voltage dan Amper nya serta watt daya yang ada pada dynamo listrik yang di pasangkannya. Baterai Litium, Baterai ini konon katanya sangat kuat dan lebih ringan daripada SLA dan tentunya juga harga nya lebih mahal terkadang bisa 2 sampai 3 kali lipat dari harga SLA serta proses pengisian baterai saat di charger lebih cepat dari pada SLA dan tentunya jarak sepeda bisa 2 atau 3 kali lebih jauh, catatan sepeda listrik tidak boleh di jemur langsung di bawah matahari, baik baterai SLA maupun Litium.. sebab bila baterai kena panas bisa meledak, untuk beberapa kasus penyebab baterai SLA maupun litium bisa meledak referensinya ada di youtube . Ada beberapa tip perawatan baterai yang akan penulis sampaikan sebagai berikut :

PENGISIAN DAYA


Pengisian daya dapat pembaca yang budiman  dapat lakukan dengan cara Selalu isi daya baterai sesuai dengan instruksi pabrikan dan buku petunjuk yang di sediakan , jangan biarkan baterai terlalu kosong atau juga terlalu penuh saat charger, karena hal tersebut bisa membuat baterai overcharger dan melembung ataupu membuat baterai mudah drop sehingga pemakaian nya tidak lama.lihatlah panduan yang lain di google  misalnya.

PENYIMPANAN BATERAI ATAU SEPEDA LISTRIK


Simpanlah baterai atau sepeda listrik anda ditempat yang sejuk dan kering . Hindari suhu extrem , baik panas maupun dingin, untuk menjaga kwalitas baterai tidak menurun.. kalau di tempat yang terlalu dingin akan membuat sel baterai membeku dan tidak dapat bekerja dengan optimal dan kalau ditempat panas, misalnya matahai langsung atau dekat benda panas akam membuat baterai cepat meledak dan terjadi kebakaran, terutama untuk baterai litium harus extra hati hati tidak boleh sembarangan.

PENGECEKAN BATERAI SECARA BERKALA



Periksaklah kondisi Baterai secara berkala , misalnya sebulan sekali . hal ini sangat penting supaya kita tahu apakah baterai kita sudah melembug atau terdapat kotoran dan debu statis yang membuat  korsleting ataupun juga ada baut konektor yang kendor karena di makan usia pemakaian, sebab rata rata konektor baterai kendor membuat kekuatan sepeda listrik berkurang , atau bahkan pula menyebabkan FONG loncatan api yang membuat kebakaran.

2. Perawatan Motor


Motor Listrik juga merupakan sebuah komponen yang sangat vital dan memerluka perhatian khusus :
- Pembersihan : Bersihkan motor dari debu dan kotoran scara berkala dengan kain yang lembut
- Pelumasan : Gunakan pelumas yang di rekomdasikan untuk menjaga bagian yang bergerak agar tetap  
  halus.
- Pengecekan Suara : Dengarkan suara motor saat beroperasi.Suara yang tidak normal bisa menjadi           tanda adanya masalah.

3. Perawatan sistem kelistrikan
Pastikan sistem kelistrikan sepeda listrik anda dalam kondisi yang baik :
- Pengecekan kabel  :periksa kabel dan konektor untuk memastikan tidak ada yang longar atau rusak
- Pemeriksaan Kontroler : pastikan secara berkala periksa kontroler dan bersihkan dari debu

4. Perawatan Rangka dan Suspensi


Perawatan rangka dan suspensi harus di jaga kebersihannya agar tetap kuat dan nyaman dan hindari adanya karat karena terkena air , dapat anda semprotkan dengan WD 40 cairan pembersih karat dan pengecekan baut apakah ada yang kendor ,pastikan semuanya kencang , serta lakukan pembersihan rangka secara berkala untuk mencegah korosi dan kerusakan .

5.Perawatan Rantai  dan Gear

Rantai dan Gear harus dirawat dan di beri oli gear yang sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk memastikan tenaga yang efisien : seperti pelumasan dan pembesihan secara berkala untuk mencegah keausan  serta mengecek ketegangan rantai agar tida terlalu kendor dan terlalu kencang . kalau terlalu kendor rantai bisa lepas dari gearnya dan bila terlalu kencang rantai bisa cepat putus dan terasa berat saat sepeda di kayuh.

6.Pengecekan Ban dan Rem

Ban dan Rem  adalah komponen penting untuk keselamatan :  tekanan ban , periksa tekanan ban secara rutin dan pastikan sesuai dengan rekomendasi serta pengecekan rem pastikan rem berfungsi dengan baik alias pakem dan tidak aus ganti kanvas rem jika di rasakan bunyi celit dan panas atau tidak ngerem saat berhenti, juga periksa kabel remnya apakah kena karat atau tidak kalau bisa secara berkala kasi pelumas melalui selongsong kabel rem..
 

7. Penggunaan dan Penyimpanan



Cara Anda menggunakan dan menyimpan sepeda listrik juga mempengaruhi umur panjangnya:

  • Penggunaan yang Tepat: Hindari beban berlebih dan gunakan sepeda sesuai dengan spesifikasi.
  • Penyimpanan yang Benar: Simpan sepeda di tempat yang aman dan terlindung dari cuaca ekstrem.

Kesimpulan

Merawat sepeda listrik memerlukan perhatian dan rutinitas, tetapi dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa memastikan sepeda listrik Anda tetap awet dan dalam kondisi terbaik. Perawatan yang tepat tidak hanya memperpanjang umur sepeda listrik Anda tetapi juga meningkatkan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.



2 komentar:

  1. Terima kasih Admin, saya punya sepeda listrik dan dapat panduan ini. Informasi ini berguna

    BalasHapus
  2. informasi yang bermanfaat... terima kasih admin untuk ilmunya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.